Ingin Menjawab Soal TPA Bappenas? Ini Prosedur Pendaftarannya secara Online

Saat ingin memasuki salah satu universitas di Indonesia, Anda tentu akan dihadapkan dengan tes soal TPA Bappenas. Sebelumnya, Anda sebagai peserta perlu menerapkan prosedur pendaftaran online terlebih dahulu untuk mengikutinya. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui seperti apa saja prosedur pendaftaran yang perlu dilakukan tersebut. Pertama, Anda perlu mencari lokasi pendaftaran terdekat terlebih dahulu. Jika sudah, maka hubungi contact personnya kemudian lakukan pengisian formulir yang sudah disediakan terlebih dahulu secara online. Nantinya, peserta juga perlu melakukan transfer sejumlah uang pendaftaran sesuai dengan yang sudah tertera di form pendaftaran. Setelah itu, scan atau foto bukti transfer yang ada tersebut lalu upload bersamaan dengan scan/foto KTP/SIM yang berlaku serta scan/foto Ijazah pada formulir yang sudah disediakan. Jika sudah maka pilih menu Daftar.

Untuk pembayaran tersebut, tidak boleh lebih dari 30 hari sebelum pelaksanaan tes. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu. Pasalnya, apabila pembayaran tersebut dilakukan lebih dari 30 hari atau satu bulan sebelum pelaksanaan tes maka dapat menyebabkan peserta tidak akan diproses serta bukti transfer yang sudah dilampirkan sudah dianggap tidak berlaku. Tidak hanya itu saja, uang yang sudah dibayarkan juga tidak bisa dikembalikan lagi. Nantinya, Anda bisa mengikuti tes tersebut untuk mengambil tingkat pendidikan minimal D3 atau Diploma 3. Kemudian, satu hari setelah tanggal pendaftaran ditutup, maka setiap peserta akan mendapatkan informasi mengenai tanggal, jam, dan lokasi tes lewat email. Oleh karena itu, pastikan saat mendaftar email serta nomor hp yang dimasukkan dalam keadaan aktif.

Ingin Menjawab Soal TPA Bappenas? Ini Prosedur Pendaftarannya secara Online

Untuk jadwal yang diperoleh tersebut juga tidak akan bisa diubah kembali. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri. Nantinya, peserta yang tidak dapat mengikuti tes pada jadwal yang sudah ditentukan maka dianggap hangus. Terlebih jika tanpa adanya konfirmasi dua hari sebelum tes berlangsung. Pasalnya, pelaksanaan tes hanya dilakukan sekali saja. Untuk hasil tesnya sendiri akan keluar setelah 4 hari kerja dari tanggal tes. Hasil tersebut akan dikirimkan langsung lewat email yang sudah didaftarkan sebelumnya. Dengan begitu, saat mengikuti tes yang satu ini pastikan untuk selalu memantau email agar tidak ketinggalan informasinya.